Kamis, 14 Februari 2019

Perlengkapan Mendaki Gunung



Sudahkah safety perlengkapanmu? Setiap isi dalam ransel mu adalah salah satu factor penentu keberhasilan sebuah perjalanan, bahkan bisa sebagai penyelamat hidupmu di alam bebas. Perlu kita ketahui beberapa perlengkapan pendakian yang wajib dan optional kita bawa saat mendaki gunung. Berikut perlengkapan yang wajib kita bawa saat mendaki gunung.

Perlengkapan Pendakian:

  1. Carrier atau tas gunung
Carrier atau tas gunung memiliki design khusus untuk pendakian, carrier atau tas gunung berfungsi untuk membawa semua perbekalan, perlengkapan dan logistic untuk pendakian. Carrier memiliki berbagai kapasitas sesuai kebutuhan perjalanan dari 40 Liter, 60 Liter, 80 Liter hingga 100 Liter.
  1. Tenda dome
Tenda dome berfungsi sebagai tempat berteduh, beristirahat, tidur, berlindung, menyimpan perlengkapan, dll. Tenda dome yang baik memiliki bentuk yang tidak tinggi, memiliki double layer, pemasangan frame yang mudah, dan memiliki beban yang ringan. Untuk sebuah kelompok kapasitas tenda dome yang efektif untuk empat person.
  1. Sleeping bag
Sleeping bag atau kantung tidur bermanfaat untuk menjaga suhu tubuh saat tidur agar tubuh tetap hangat, sleeping bag sangatlah penting, sebab udara di pegunungan sangatlah dingin.
  1. Jaket dan jas hujan ( rain coat )
Seperti yang kita dan rekan-rekan sudah banyak ketahui fungsi jaket untuk menjaga suhu tubuh kita tetap hangat, dan fungsi jas hujan untuk di gunakan saat hujan turun, sebab cuaca digunung tidak menentu, kadang sering kali terjadi hujan local di gunung.
  1. Senter atau head lamp dan lampu tenda
Senter atau headlamp berfungsi untuk perjalanan malam hari sebagai penerangan, sering digunakan juga saat camp atau saat beristirahat di malam hari. Untuk pendakian lebih disarankan menggunakan head lamp sebab lebih praktis di ikat di kepala, sedangkan lampu tenda khusus untuk penerangan saat camp di dalam tenda, jangan lupa untuk selalu membawa baterai cadangan ya guys.
  1. Peralatan memasak (Kompor, Gas Portable, Nesting/Cooking Set)
Peralatan memasak yang wajib kita bawa setidaknya adalah kompor lapangan dan nesting atau cooking set. Ada beberapa pilihan jenis kompor lapangan . kompor lapangan tersebut bisaa berbahan cair, padat, maupun gas. Semua punya kelebihan dan kekurangan masing-masing untuk pilihan lebih kepada selera masing-masing individu.
  1. Sepatu gunung dan sandal
Sepatu gunung merupakan perlengkapan yang wajib di gunakan untuk pendakian sebab menimbang dari segi keamanan ketimbang menggunakan sandal saat tracking. Sepatu gunung yang baik biasanya sudah berbahan water proof atau tahan air. Sedangkan sandal digunakan saat moment camp.
  1. Perlengkapan P3K dan obat-obatan pribadi ( First aid kit )
Perlengkapan P3K yang harus di bawa antara lain membawa anti septik, perban atau kasa steril, obat sakit kepala dan flu, obat demam, obat tetes mata, obat diare, plester, gunting dan pisau, peniti, oxygen tabung kecil, tabir surya (sun block), dan Selimut darurat (emergency blanket).
  1. Self defence ( pertahanan diri )
Perlengkapan ini sangat dibutuhkan di alam bebas, berfungsi untuk perlindungan diri dan regu dari ancaman binatang buas, dll. Serta banyak fungsi lainnya.  banyak sekali pilihan untuk alat pertahanan diri seperti golok tebas, kukri, pisau lipat dan semacamnya.
  1. Alat navigasi
Untuk Peralatan navigasi yang dimaksud adalah kompas serta GPS. Pastikan kompas dan GPS dapat bekerja secara optimal sebelum anda menggunakannya.
  1. Trash bag ( kantung sampah )
yang satu ini jangan sampai ketinggalan, trash bag sangat wajib di bawa para pendaki agar tidak meninggalkan sisa-sisa sampah aktifitas pendakian, jangan pernah kita merusak kelestarian alam dengan mengotori tempat kita bermain, jaga selalu ke asrian nya, karena bumi kita hanya satu.
  1. Survival kit
Survival kit ini akan terpakai jika kamu di dalam keaadaan yang sangat minim seperti ketika kamu sedang tersesat atau terjadi kecelakaan di gunung dan tidak memiliki teman untuk berjuang bersama menemukan titik terang.



Berbagai perlengkapan wajib telah kita bahas, ada pula perlengkapan gunung yang sifatnya optional untuk di bawa. berikut beberapa perlengkapan tersebut.
  • Fly sheet
  • Tracking pole
  • Sarung tangan
  • Tali karmantel
  • Gaiter
  • Kaca mata
  • Buff
  • Topi
  • Kupluk
  • Jam tangan
  • water bladder
  • kaus kaki
  • tas kecil untuk summit
  • hammock
  • alat komunikasi handy talky (HT).
  • matras
beberapa perlengkapan bersifat optional dan conditional tergantung dengan medan gunung yang akan kita jelajahi, sebab itu pentingnya seorang petualang terlebih dahulu harus mencari tau informasi rute dan medan gunung yang akan di jejakinya. Salam lestari !!!

symber: http://serikatpendaki.com
Sewa Tenda Sragen

1 komentar: