Rabu, 13 Februari 2019

Latihan Fisik Yang Perlu dilakukan Sebelum Mendaki Gunung


Latihan Fisik

Wild.Adventure - Kondisi fisik yang sehat dan bugar menjadi salah satu syarat dalam melakukan kegiatan mendaki gunung. Tak memandang seberapa tinggi gunung yang akan dikunjungi, seorang pemula atau pro dalam kegiatan pendakian, latihan fisik sebelum mendaki gunung khususnya bagi seseorang yang pertama kali mendaki gunung wajib dilakukan minimal 2 Minggu sebelum memulai pendakian. Nah, Berikut ini merupakan jenis latihan fisik yang mungkin bisa kalian lakukan :


1. Melatih Kekuatan Kaki


Latihan Jogging dinilai sangat efektif dalam melatih kekuatan kaki.
Peran kaki dalam mendaki gunung sangat vital. Melatih kekuatan kaki pun cukup mudah dan murah. Bisa dimulai dari latihan skot jump lalu lakukan latihan Jogging atau bersepeda secara rutin minimal 2x dalam seminggu untuk melatih kekuatan otot kaki. Usahakan lakukan jogging/bersepeda pagi hari sebelum matahari terbit sebagai latihan penyesuaian tubuh terhadap udara dingin.


2. Melatih Punggung dan pundak

Punggung dan Pundak yang prima akan sangat meringankan beban pendakian. sebab pundak dan punggung berguna untuk menggendong beban dan menyeimbangkan pergerakan badan. Lakukan latihan Back Up dan mengangkat dumbell rutin setiap hari sesuai dengan kemampuan fisik.


3. Melatih Pernafasan

Semangat berlatih! Biar makin sehat dan bugar.
Melatih pernafasan sangat berguna mengingat mendaki gunung merupakan kegiatan yang cukup berat. Berenang atau senam minimal 2 x seminggu berguna untuk melatih pernafasan.


4. Melatih kekuatan tangan

Aktifitas Mendaki Gunung tak cukup sekedar mengandalkan kekuatan kaki, sebab kekuatan tangan juga berguna untuk menyeimbangkan kaki, merangkak dan memanjat area tertentu. Lakukan Angkat barbell atau Push Up rutin setiap hari sesuai dengan kemampuan fisik untuk melatih kekuatan tangan.

0 komentar:

Posting Komentar